Pembuatan dan pemasangan tapal batas utk pembukaan jalan TMMD 106 Padang Limau Sundai ke Talantam

Pembuatan dan pemasangan tapal batas utk pembukaan jalan TMMD 106 Padang Limau Sundai ke Talantam

Menurut Kadis Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Nagari, Hapison, Kegiatan Pra TMMD akan dimulai pada awal September, sedangkan pembukaannya direncanakan pada tgl 2 Oktober 2019

Dikutip dari padek.co, kepastian pengerjaan jalan ini dimulai dengan terbitnya izin pinjam pakai hutan ini telah ditandatangani langsung oleh Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya, 9 April lalu. Izin ini memang diperlukan untuk pembangunan akses jalan bagi masyarakat yang berada di wilayah terisolir itu.

Hapison menyebut, akses dari dan menuju Talantam selama ini hanya bisa ditempuh melalui jalur sungai dengan menggunakan perahu tempel (timpek). Artinya dengan adanya surat izin pinjam pakai ini, maka pemerataan pembangunan di Lubuk Ulangaling Selatan dalam waktu dekat bisa digenjot dan akan dimulai dengan membuka akses jalan darat.

Menurutnya, pembukaan jalan tersebut akan dikerjakan melalui kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD), bersinergi dengan TNI-AD. Adapun panjang jalan yang direncanakan akan dibangun dari Talantam hingga Tanjung Durian mencapai 12,8 kilometer. ”Sebagai tindak lanjut dari planning ini, nantinya ditandai dengan penandatanganan MoU antara Bupati dengan Dandim. Tentunya kami akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait, terutama ke Kementerian,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan (Solsel) menyediakan pagu dana sebesar Rp 2 Miliar untuk Pembukaan akses Jalan Talantam Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan (LUAS) via Tanjung Durian Nagari Padang Limau Sundai (PLS) Kec. Sangir Batang Hari. Anggaran tersebut melalui Dinas Pekerjaan Umum dengan rinciannya Rp1,7 Miliar untuk kegiatan fisik dan sisanya untuk perencanaan.

Pembukaan jalan sepanjang 12,8 kilometer ini akan dikerjakan melalui kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD), merupakan kerjasama Pemkab Solsel (Dinas Sosial dan PMD) dengan pihak TNI-AD yang ditandai dengan penandatanganan MoU antara Bupati Solok Selatan dengan Dandim 0309 Solok.

Share This

Comments