JALUR PENDAKIAN GUNUNG KERINCI

SANGIR

  • Jalur pendakian Gunung Kerinci via Solok Selatan, katanya tutupan hutan dari bawah sampai batas vegetasi di ketinggian sekitar 3.000 meter di atas permukaan laut masih padat dan lebih landai jika dibanding melalui Kersik Tuo, Kerinci, Jambi.

    Pendaki juga bakal menemui hutan lumut, pohon-pohon besar seperti pohon beringin yang seolah pendaki berjalan di bawahnya,banyak sumber air, ada air terjun, dan masih bisa ditemui jejak -jejak satwa liar seperti Harimau Sumatera, rusa, beruang, kijang.

    Pintu masuk jalur tersebut berada di Bangun Rejo, Nagari Lubuk Gadang Selatan, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan. Pendaki akan menempuh jarak sekitar 12,4 kilometer ke puncak gunung dari batas TNKS itu atau sekitar tiga hari, lebih lama sehari dari jalur pendakian di Kersik Tuo, Kabupaten Kerinci, Jambi.

    Dijalur ini pendaki juga bisa menemukan tumbuh-tumbuhan yang dilindungi, seperti Kantong Semar dan Anggrek. Dikarenakan jalur melalui Solok Selatan ini panjang, maka telah disiapkan tujuh pos yang dapat digunakan para pendaki untuk beristirahat.

    Untuk masuk para pendaki tidak lagi diwajibkan membuat surat izin masuk kawasan konservasi atau Simaksi melainkan cukup dengan tiket yang bisa diperoleh di kantor Seksi TN Kerinci Seblat di Sikinjang, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan atau melalui pemandu. Balai Besar TNKS menyarankan agar pendaki yang melalui Solok Selatan bukan pendaki pemula melainkan yang memang hobi mendaki.